Disini saya akan menjelaskan satu per satu Tools yang wajib dimiliki dan dikuasai oleh seorang programmer (freelance programmer) khususnya para pekerja lepas. Tapi sebelum nya saya akan menjelaskan pengertian dari Programmer Freelance.

Programmer

Perkembangan teknologi dapat membuka lapak kerja bagi seseorang. Terutama di era digital zaman now saat ini. Banyak startup yang membutuhkan pekerjaan untuk membuat dan mengembangkan suatu teknologi. Satu di antaranya adalah profesi programmer.

Programmer merupakan profesi yang diminati oleh kalangan muda saat ini. Di samping itu, profesi ini dianggap mempunyai prospek masa depan. Kata “keren” dan “gaji besar” sering dilontarkan kepada programmer. Hal tersebut tentu sangat menarik perhatian, khususnya bagi kamu yang ingin mencicipi manisnya menjadi seorang programmer yang handal.

Programmer adalah sebuah jenis profesi atau pekerjaan yang bertujuan untuk membuat sebuah sistem menggunakan bahasa pemrograman . Seseorang yang memiliki skill menulis kode program (syntax) dan merancang sistem, bisa juga disebut programmer. Kode atau bahasa program yang dimaksud seperti Java, Python, Javascript, PHP, dll.

Freelance

Apa pengertian dari freelance ? Mungkin hingga saat ini kamu belum mengetahui istilah tersebut. Freelance merupakan sebutan bagi orang yang berstatus kerja tetapi waktu kerja tersebut dapat diatur sendiri. Tidak seperti karyawan tetap atau profesional lainnya, yang harus memiliki jam kerja selama 8 jam sehari.

Saat ini, pekerjaan sebagai freelance sudah diminati oleh banyak orang karena beberapa jenis pekerjaan freelance memiliki prospek dan profit yang tinggi. Pekerjaan freelance yang sangat diminati oleh banyak orang salah satunya adalah desainer.

Freelance Programmer

Sehingga jika dilihat dari penjelasan diatas pekerja lepas programmer adalah seseorang yang menjalankan sebuah profesi pembuat aplikasi / software yang tidak terikat oleh perusahaan lain.

Alat Perang / Tools Wajib Programmer

Jangan salah persepsi, alat perang disini maksudnya adalah tools dan kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap programmer khususnya bagi para freelance

PC Atau Laptop

Ya, tentu saja, tanpa alat ini programmer bagaikan Hiu tak bertaring. karena semua pekerjaannya dilakukan didalam PC/Laptop. Untuk Sistem operasi bisa memilih antara MacOs, Windows atau Linux.

Teks Editor

Selain dari Sistem operasi, dalam membuat sebuah aplikasi/software programmer membutuhkan Teks Editor. Untuk Teks Editor bisa disesuaikan dengan kebutuhan bahasa pemrograman yang digunakan, contohnya:
1. Intellij IDEA
2. Visual Studio Code
3. NotePad++
4. Sublime
5. NetBeans
6. Eclipse

Lapax Theme

Web Server Local

Untuk web programmer tentu sudah menjadi kewajiban memiliki Web Server yang terpasang di PC/Laptop seccara local. Berikut ini adalah contoh web server yang dapat digunakan
1. IIS
2. Apache
3. Tomcat

Database GUI Manager

Bagi seorang programmer terutama freelance, sudah jelas akan otomatis menjadi seorang Full Stack Developer, sehingga pada umumnya seorang freelance enggan menggunakan console untuk mengolah database.
Berikut adalah contoh DBManager yang sering digunakan
1. SMSS (SQL Server Management Studio)
2. Navicat
3. DBForge SQLServer/Oracle/MySQL

Oke 4 Tools diatas merupakan Tools Primary yang wajib dimiliki programmer selain tentunya Programming SkillSet, kemudian selanjutnya adalah Supporting Tools.

Code Versioning

Version Control System (VCS) adalah sebuah infrastruktur yang dapat mendukung pengembangan software secara kolaboratif. Setiap anggota yang berada di dalam sebuah tim pengembangan software dapat menulis kode programnya masing – masing kemudian digabungkan ke server yang sudah memiliki VCS yang digunakan.

Selain mengandalkan konkurensi yang dapat mempercepat pengembangan software, VCS juga mempunyai kemampuan untuk kembali ke versi software sebelumnya jika terjadi suatu bencana terhadap versi software yang sedang dikembangkan saat ini. Kemampuan ini disebut reversibility. Selain itu, dengan menggunakan VCS setiap perubahan pada software seperti penambahan file atau pengubahan isi file dapat dipantau bagian mana yang diubah dan siapa yang mengubah. Sehingga pengerjaan software akan lebih transparan dan terukur.

Tentunya VCS ini tidak didominasi oleh satu jenis produk saja. Ada berbagai jenis VCS yang bersifat free open source software dan ada juga yang proprietary. Mau tahu apa saja VCS yang ada di dunia persilatan? berikut daftar VCS yang perlu dikenal oleh programmer seperti Anda:
1. Bazaar
2. Subversion (SVN)
3. Mercurial
4. CVS
5. RCS
6. Perforce
7. ClearCase
8. GNU Arch
9. GNU CSSC
10. Git

Cloud Hosting Indonesia

Project Management Tools

Project management tools adalah sarana yang fungsinya untuk melihat perkembangan dari proyek yang sedang dikerjakan. Alat ini menjadi salah satu jawaban untuk para project manager ketika harus melakukan perencanaan yang tepat, menetapkan tugas, menentukan deadline, mendelegasikan tugas, dan melacak waktu yang dihabiskan.

Ada beberapa kelebihan menggunakan project management tools adalah sebagai berikut:

1. Mempermudah kerja sama internal dan eksternal
2. Mendukung manajemen proyek saat bekerja jarak jauh
3. Menyimpan dan berbagi data dengan mudah
4. Pengaturan jadwal project management lebih baik
5. Membangun komunikasi yang lebih baik dengan klien

Selain itu, tak hanya bisa digunakan pada proyek biasa, project management tools juga biasa digunakan oleh perusahaan atau pebisnis lain untuk terhubung dengan karyawan atau klien. Di zaman yang serba canggih saat ini, untuk melakukan banyak project dan terhubung dengan banyak orang bukan lagi menjadi kendala.

Aplikasi Invoice

Invocing

Waktunya pencairan. Sebagai seorang freelance Anda akan membutuhkan aplikasi Invoicing yang dapat terintegrasi dengan berbagai macam sistem pembayaran dan portal Client. Saya merekomendasikan Invoice Ninja untuk mengelola Invoice.

    1. Faktur & Pembayaran
      • Merek Kustom Desain Faktur Anda
      • Klien Faktur Berulang & Penagihan Otomatis
      • Otomatiskan Email Pengingat Terlambat Pembayaran Khusus
      • Aktifkan Kotak Centang Tanda Tangan Elektronik / ‘Setujui Persyaratan’
      • Berbagai Besar Desain & Kustomisasi Alur Kerja
    2. Pembayaran Online
      • Kartu Kredit, transfer ACH, Paypal, lainnya…
      • Retainer, Deposit, dan Pembayaran Sebagian
      • Notifikasi Email Saat Klien Melihat / Membayar
      • Lacak Pembayaran Klien & Riwayat Penayangan
      • Portal Sisi Klien dengan Opsi Keamanan
    3. Quotation & Kredit
      • Lihat Quotation secara Real-Time .PDF Creation
      • Klien Menyetujui & Mengonversi Quotation menjadi Faktur
      • Mengkloning Quotation ke Faktur, Kredit, atau Berulang
      • Email Massal Faktur, Quotation, Kredit

dan masih banyak lagi.