Konsultan IT Bandung,- Menyoroti perbedaan utama antara .NET Core vs .NET Framework. Pada bagian akhir posting ini, kita akan mengetahui bahkan perlu memilih dan menentukan mana yang lebih cocok untuk proyek Anda.

Masuk ke ekosistem .NET tanpa latar belakang yang cukup, bisa membuat kita seperti berada dalam labirin. Pada awalnya mungkin merasa sudah memilih arah yang benar, tetapi pada akhirnya, Anda menemui jalan buntu. Jika Anda mengetahui apa itu .NET Framework dan apa itu .NET Core, maka Anda akan tahu cara menavigasi labirin tersebut.

Apa itu .NETCore ?

.NET Core adalah platform gratis, open-source, yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi perangkat lunak berbasis cloud pada sistem operasi Windows, macOS, dan Linux menggunakan lisensi MIT dan Apache 2. Anda dapat menggunakannya untuk membuat berbagai jenis aplikasi seperti seluler, web, desktop, cloud, game, IoT, layanan mikro, pembelajaran mesin, dll.

.NET Core berjalan di berbagai platform dan telah diperbarui untuk membuat Aplikasi .NET yang cepat dan terukur. NetCore Merupakan successor .NET Framework dan dikembangkan oleh karyawan Microsoft melalui .NET Foundation.

.NET Core menyertakan fitur dasar yang diperlukan untuk mengoperasikan aplikasi .NET Core. Fitur lainnya ditawarkan sebagai NuGet Packages yang dapat Anda integrasikan ke dalam aplikasi Anda sesuai kebutuhan. Ini memungkinkan aplikasi .NET Core untuk mengurangi memori footprint dan mempercepat kinerja aplikasi.

- Konsultan IT Bandung - Suhendra Yohana Putra
Cloud Hosting Indonesia

Apa itu NETFramework ?

.NET Framework adalah platform “Software Development” yang dirancang dan dikembangkan oleh Microsoft untuk membangun aplikasi Windows dan Aplikasi Berbasis Web.

.NET Framework dijalankan dalam Common Language Runtime yang merupakan komponen mesin virtual yang membuat proses pengembangan lebih mudah. Kerangka kerja ini juga mendukung interoperabilitas bahasa di beberapa bahasa pemrograman seperti C# dan Visual Basic. Tepatnya, .NET Framework mendukung setidaknya 60 bahasa pemrograman, termasuk 11 yang dirancang dan dikembangkan oleh Microsoft.

Premium WordPress Themes
4415 528319 - Konsultan IT Bandung - Suhendra Yohana Putra4415 - Konsultan IT Bandung - Suhendra Yohana Putra

Kapan menggunakan .NET Core ?

Keamanan sangatlah penting. Mengekspos aplikasi Anda melalui Internet adalah risiko besar. Dengan arsitektur modern, microservice, dan REST API, melihat keamanan dengan cara tradisional tidak akan cukup lagi. Untungnya, .NET Core menawarkan berbagai alat untuk otorisasi, otentikasi, dan pencegahan serangan.

Misalnya, Anda dapat menggunakan API Data Security dan Secret Manager untuk melindungi data, membuat key, dan melakukan generate key. Anda bahkan dapat membangun di atas API ini untuk mencakup aspek bisnis yang perlu Anda amankan. Untuk otentikasi, .NET Core memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan aplikasi Anda dengan penyedia eksternal utama.

Microsoft menyarankan untuk menggunakan .NET Core dengan ASP.NET Core untuk kinerja dan skala yang optimal. Ini terbukti sangat berguna ketika ratusan microservice digunakan, dan Anda hanya memerlukan lebih sedikit server dan mesin virtual. Skalabilitas dan efisiensi yang diperoleh pada akhirnya akan menghasilkan penghematan biaya dan peningkatan User-Experience.

Kapan menggunakan .NET Framework ?

Anda harus puas dengan .NET Framework jika Anda menggunakan library yang tidak kompatibel dengan .NET Core. NuGet adalah Package Manager gratis untuk .NET dan platform pengembangan Microsoft lainnya. Ini dirancang untuk memungkinkan pengembang membuat dan berbagi library .NET yang berguna, dan juga untuk berbagi kode yang dapat digunakan kembali.

.NET Core tidak mendukung semua teknologi di ekosistem .NET Framework. Teknologi tersebut mencakup domain aplikasi, keamanan akses kode (CAS), dan remote. termasuk :

Kesimpulan

Jika Anda adalah pengembang .NET yang tidak punya waktu untuk mempelajari seluk-beluk .NET Core, maka .NET Framework adalah pilihan terbaik Anda. NET Core memerlukan kurva pembelajaran. .NET Framework juga merupakan pilihan Anda jika Anda memelihara dan/atau memutakhirkan aplikasi .NET yang sudah ada. Perhatikan bahwa mem-porting aplikasi .NET ke aplikasi .NET Core membutuhkan waktu dan usaha.

Kesimpulan


Jadi, dalam debat .NET Core dan .Net Framework, mana yang menang? Mengingat informasi yang dibahas di atas, kami harap Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa itu .NET Framework dan apa itu .NET Core. Tapi mana yang harus Anda pilih untuk proyek Anda selanjutnya?

Nah, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Selain itu, teknologi berkembang dan inovasi baru diperkenalkan secara teratur. Misalnya, .NET 6 yang mampu berjalan di berbagai platform, termasuk Android dan iOS. Peluncurannya memecahkan sejumlah masalah dengan ekosistem .NET, yang merupakan kabar baik untuk pengembangan perangkat lunak di masa depan.

Sebenarnya, perbedaan antara .NET Core dan .NET Framework semakin menjadi kritis dari hari ke hari. Namun jangan khawatir, KiNET dapat membantu Anda dalam hal-hal praktis. Kami memiliki pengembang perangkat lunak yang bekerja dengan banyak kerangka kerja dan dapat memenuhi kebutuhan khusus untuk bisnis Anda.