Dracoola Hosting Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia
Hosting Unlimited Indonesia

Mengamankan XAMPP Dengan hanya Mengizinkan Akses dari Localhost

Dalam artikel ini, saya akan memberikan gambaran umum singkat tentang XAMPP, dan kemudian juga menunjukkan kepada Anda cara mengamankannya sehingga utilitas administratif hanya bisa diakses secara local.

XAMPP Super-Quick Overview

XAMPP pada dasarnya adalah bundle package untuk membuat aplikasi berbasis Website, dimana didalamnya sudah terdapat Database MySQL, PHP, Perl, dan Apache. Jika Anda tidak berpengalaman dalam dunia Apache/PHP, ini adalah cara termudah untuk membuat sesuatu bekerja secepatnya. Pada gambar berikutnya, Anda akan melihat struktur direktori di bawah direktori XAMPP:

Struktur Aplikasi XAMPP

Berikut adalah folder utama yang mungkin perlu Anda perhatikan:

  1. apache - Berisi instalasi Apache.
  2. htdocs - Berisi folder yang dilayani oleh Server Apache. Dalam kata lain, semua aplikasi Website Anda disimpan pada direktori ini.
  3. mysql - Berisi penginstalan MySql.

Sekarang, jika Anda hanya ingin menginstal Wordpress di XAMPP, saya tidak akan menulis tutorial lagi. Ada banyak di luar sana, sebagian besar dengan tangkapan layar dari instruksi langkah demi langkah, Anda bisa menggunakan Google untuk mencari Artikel mengenai "Cara Membuat Website Menggunakan WordPress".

Mengamankan XAMPP

Secara umum, Root Direktori aplikasi XAMPP akan terbuka untuk umum dalam satu jaringan Anda, tidak seperti phpmyadmin, yang hanya bisa diakses di local saja. Maka dibutuhkan sedikit konfigurasi pada XAMPP.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunci keamanan Apache sehingga sangat membatasi secara default (apache/httpd.conf):

<Directory />

    Options Indexes FollowSymLinks Includes ExecCGI

    AllowOverride All

    Order deny,allow

    Deny from all

</Directory>

Selanjutnya, di file .htaccess untuk setiap aplikasi, tambahkan baris ini: "All from All". Ini pada dasarnya memberi tahu Apache bahwa folder ini aman untuk digunakan oleh semua orang.

Sekarang, masalahnya adalah XAMPP memiliki file konfigurasi yang menggantikan jalur utilitas dan memungkinkan akses untuk siapa saja. Untuk memperbaikinya, lakukan pencarian dan ganti di file (di Apache / Conf / Extra) "httpd-xampp.conf" untuk mengubah "All from all" menjadi "Allow from 127.0.0.1". Sekarang, semua direktori XAMPP hanya akan disajikan secara lokal.


Kesimpulan

Latar belakang saya tentu bukan Apache / PHP, tapi saya masih belajar. Jika saya membuat kesalahan dalam konfigurasi saya, silakan tinggalkan komentar atau kirim saya email.

Suka postingan ini? Tolong bagikan!

cara mengamankannya sehingga utilitas administratif hanya bisa diakses secara local.

This is the most recent post.
Older Post

Post a Comment

[blogger]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.